Tuesday, August 30, 2016

Materi Pelajaran Madrasah Aqidah Tentang Iman Kepada Kitab Allah

Berikut ini adalah materi pelajaran tingkat dasar untuk Madrasah Diniyah atau Madrasah Ibtidaiyah tentang Pengertian Iman kepada Kitab Allah, nama-nama kitab Allah dan penerimanya, nama-nama Al-Qur'an, Nabi-nabi penerima Shuhuf dan cara mengimani Kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari.


1. Pengertian Iman Kepada Kitab Allah
Iman kepada Kitab-kitab Allah adalah mempercayai dengan sepenuh hati tentang adanya kitab-kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada Rasulnya, untuk disampaikan dan diajarkan kepada seluruh umat manusia. Percaya kepada kitab-kitab Allah adalah Rukun Iman yang ketiga, maka barangsiapa yang tidak mempercayai adanya Kitab-kitab Allah maka dia dianggap Kafir.

2. Nama-nama Kitab Allah
Adapaun nama-nama Kitab Allah yang wajib kita ketahui ada 4, yaitu:
1. Taurat
Diturunkan kepada Nabi Musa As. Kitab Taurat berisi tentan hukum-hukum agama, berita gembira, peringatan, serta kabar bahwa kelak di hari kemudian akan diutus Nabi terakhir bernama Nabi Muhammad SAW, yang akan menggantikan dan melanjutkan ajaran agama Allah sebelumnya.

2. Zabur
Zabur diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Daud As. Isi dari kitab Zabur adalah berbagai macam do'a, dzikir, pujian, pengajaran dan hikmah (pedoman amal kebajikan).

3. Injil
Kitab Injil diturunkan oleh Allah kepada Nabi Isa As. bin Maryam. Isi dari kitab Injil adalah berisi tentang hukum, dan ajakan untuk mengesakan Allah SWT.

4. Al-Qur'an
Adalah kitab yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW di Makkah dan Madinah. Pokok isinya adalah Aqidah, Syari'ah, Ilmu pengetahuan, janji, ancaman, akhlaq, sejarah, dll.

Nama-nama selain Al-Qur'an
1. Al-Kitab atau Kitabullah, artinya Kitab Allah atau kumpulan wahyu Allah.
2. Al-Furqan artinya Pembeda, maksudnya pembeda antara yang benar dan salah.
3. Adz-dzikru artinya peringatan. Maksudnya adalah peringatan kepada manusia agar kembali di jalan yang benar.
4. Al-Bayan, artinya penerang. Maksudnya memberi penerangan kepada manusia agar dalam hidupnya tidak sesat.
5. Dll.

Al-Qur'an sebagai wahyu Allah
Al-Qur'an adalah Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat, yang diturunkan secara Mutawatir dan membacanya adalah Ibadah. Al-Qur'an adalah ajaran yang dipakai tidak akan musnah sampai hari kiamat. Al-Qur'an diturunkan di Makkad dan Madinah, memiliki 114 surat, 86 surat diturunkan di Makkah dan 26 surat diturunkan di Madinah dan memiliki jumlah ayat sebanyak 6666.

Selain 4 kitab yang sudah disebutkan diatas Allah juga menurunkan Shuhuf. Shuhuf artinya lembaran-lembaran wahyu Allah yang diturunkan kepada para Nabi yang berisi pujian-pujian, dzikir-dzikir dan nasehat-nasehat. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-A'la ayat 18-19.

Perbedaan Kitab dan Shuhuf
Kitab ialah wahyu Allah yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi dan Rasul, yang jumlahnya ada 4 buah yaitu Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur'an. Yang berisi tentang Aqidah, Syari'ah dan Muamalah.

Shuhuf ialah firman Allah yang ditulis dalam lembaran-lembaran yang diturunkan kepada Nabi, yang berisi tentang pujian-pujian dan dzikir-dzikir kepada Allah SWT.

Para Nabi yang menerima Shuhuf antara lain:
1. Nabi Adam As. 10 Shuhuf
2. Nabi Musa As. 10 Shuhuf
3. Nabi Ibrahim As. 30 Shuhuf
4. Nabi Idris As. 30 Shuhuf
5. Nabi Syits As. 50 Shuhuf

Kita bisa mencerminkan mengimani Kitab Allah dengan cara membaca Al-Qur'an setiap hari, selalu berusaha menambah hafalan ayat-ayat Al-Qur'an, berusaha mempelajari Al-Qur'an dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.
Previous Post
Next Post

0 comments: